History Belajar TOEFL (File) - Sukrisno Nino
News Update
Loading...

1 Desember 2015

History Belajar TOEFL (File)



Ini adalah format laporan belajar untuk Mentoring TOEFL.  Bisa digunakan sendiri atau yang telah bergabung dalam Mentor TOEFL. Bagi kamu ingin mengetahui semua materi yang sudah dipelajari atau belum, history belajar TOEFL ini akan sangat membantumu. Tidak hanya itu, history belajar ini bisa membuatmu tahu materi apa yang belum kamu pelajari dan berapa durasi waktu yang ingin kamu tingkatkan untuk bisa mengasah skill belajar disetiap skill bahasa Inggris. Maksudnya adalah, jika kamu tidak memiliki reading speed yang bagus, maka kamu harus meningkatkan lama belajar dalam reading untuk membaca banyak artikel. Untuk menjadi Master setiap skill minimal 10.000 jam/skill. Waw!waw!  banyak banget. Gak usah kaget, aku kan gak perlu master yang penting bisa. Jadi tentukan, berapa jam ingin kamu tentukan untuk menguasai skill. Itu tergantung anda!
Perlu diinget, kamu harus belajar 4 skill: Listening, grammar/structure, reading dan writing. Yang penting dalam belajar tidak hanya work smart and work hard tapi juga continuity is more important lo (bahasane istiqomah lebih penting).  Maksudnya??? Jika kamu sudah menentukan 3 Jam untk belajar TOEFL, dari awal sampai akhir you should take three hours for that every day until in the end (Istiqomah 3 jam dari awal sampai akhir). Sesibuk apapun, aku harus pass 3 jam. Kaya kamu kalau harus makan 3 kali sehari, kalau gak akan kelaparan. Loh, kalau lebih gimana? Tidak apa2 at least minimal 3x makan. Mungkin, suatu hari kamu akan merasa semangat untuk belajar, kalau kamu jomblo dan free mungkin  seharian bisa belajar 12 jam. Tidak apa2, asal you should take the minimum study.  Aku udah biasa anak kost makan 2x sehari, terserah kamu, kalau mau alasan, semua alasanmu bener. Aku Cuma iyain ajah. Percuma kasih tahu orang yang sudah hobi excuse. Aku harus ini lah itulah, atau apalah terserah kamu. Toh kamu juga yang ambil mafaatnya, aku mah gak peduli mau ente belajar atau gak. Tapi daripada Fbnan gak jelas atau join kegiatan yang gak bermanfaat lebih baik, inget impianmu! Belajar TOEFL TOEFL dan TOEFL. Kalau sama-sama penting kegiatannya, kamu harus adil. Cielah, kaya poligami aje, harus adil. Iyalah, kalau salah satu cemburu, kamu yang rempong. Haha Inget balance and continue!
Kalau kamu rajin belajar 3-5 jam setiap hari selama 3 bulan, at least kamu akan lebih jago dari yang sebelumnya. How to check??? Coba latihan disalah satu web, pasti banyak salahnya. Tapi kamu rekap semuanya kesalahan dan kamu mencoba belajar apa yang membuat salah. Pasti kamu akan lebih cepat dalam mengingkatkan skillmu. Mengingat kesalahan itu paling manjur dalam belajar, apalagi cewek, dia jago sejarah. Hahah Atau paling gampang, berikan waktu 5 menit untuk menulis apapun dalam bahasa Inggris. Setelah 5 menit, Break and no more time to write again. Pakai time keeper di hp! Emang gak ada yang lihat, iya emang bener, tapi seluruh tubuhmu lihat apa yang kamu lakukan lo! Jadi kamu dipantau oleh seluruh tubuhmu dan inget, Tuhan lihat ente terus lo! Ente bohong atau gak. Lakukan menulis itu setiap hari, tidak usah direvisi kalau kamu gak mampu. Kalau gak bisa bahasa inggrisnya, ya campur-campur kaya gado-gado, it is okay. Tulis tulis dan tulis. Sembari kamu menulis itu setiap hari, kamu tingkatkan vocabulary dan tingkatkan belajar grammar atua berlatih exercise juga. Tingkatkan membacamu, maka satu bulan yang akan datang, kamu akan ketawa ketiwi sendiri ketika kamu lihat tulisan satu bulan yang lalu. Aku menyedihkan sekali satu bulan yang lalu, nulis gini ajd gak bisa. Kasih tanggal juga kalau mau nulis biar tahu, betapa menyedihkannya tanggal itu aku gak bisa. Tapi kalau udah, gayane plus songong pada diri sendiri. Masak begini ajd gak bisa! Hahaha tapi gak work kak, bentar bentar. . .coba tingkatkan jam belajarnya. Atau kamu ketika belajar memang belum paham tapi yang penting semua dipelajari tanpa mengetahui maksudnya. Kak, kan aku gak punya temen buat diskusi, kamu bisa bertanya ke Group2 bahasa Inggris, atau kamu yang member Mentor TEOFL, kamu coba tanyakan ke member lain, InsyaAllah akan dibantu. Jika dari member tidak semua membantu, berarti pertanyaannya, mereka belum menguasai itu. Pasti mereka belajar dulu, pasti setelah itu akan membantu. Kalau kamu dibantu member lain, jadi yang bantu sudah paham tentang Materi itu. Itu fungsinya Mentor TOEFL (salah satu benefit kecil). Kak, aku gak paham via online, modal dikit calling your teacher, tanya temen yang jago, atau dosen. Mungkin kamu juga send me an email jika ada materi yang belum jelas. InsyaAllah, aku bantu sebiasaku.
Sekarang, waktunya kamu menentukan dan tetapkan komitmen belajar TOEFL setiap hari scra intensive, jika bingung, kita bisa berdiskusi lewat email atau WA. Kebanyakan rata-rata, skillnya akan improve setelah belajar continuing setiap hari dan dengan durasi waktu yang sama. Tingkat improvenya juga berbeda-beda, kamu nol bahasa Inggris cuma bisa bilang I love u doang, terus belajar intensive 3 bulan terus TOEFL 600, aku bilang kamu waw banget tapi apa ya bisa, kalau bisa, ajari kami2. Kami, ente aje kaleee…… :D :D :D sehari 3-5 jam belajar, dua skill setiap hari, dan hari berikutnya lagi dua skill dan terus sampai 3 bulan end. Kak, tapi aku akan bosen? Iya pasti itu, caranya biar gak bosen? Inget impianmu dan temple ditembok, jika bosen ya break dulu. Ntar dilanjut lagi. Hhi
Usahakan setiap hari baca 2-4 artikel baik mungkinn journal, newspaper atau tips TOEFL dalam bahasa Inggris, bukan dalam bahasa Indonesia. Kak, tapi aku gak bisa bahasa Inggrisnya? Tanya kakak boleh? Gak boleh, coba buka kamus! Kalau aku gak tahu juga akan buka  kamus, aku males balesi chat jika tanya arti. Tapi diskusi tentang meaning okaylah kalau aku free. Kamu bisa miliki e-dictionary atau eyang google translate atau kamus printout. Jangan biasakan di google translate ditranslate satu paragraph, sama ajd boong! Kebiasaan membaca akan membantumu memahami bahasa inggris lebih cepat dan berlatih grammar lebih cepat pula. Tapi, meningkatkan skill grammar kamu harus terampil berlatih exercise juga. Reading akan membiasakanmu dengan structure form dalam tulis menulis dan komposisi kalimat.
Yuk, sekarang tentukan berapa jam kamu akan belajar. Lama waktunya kamu belajar, menentukan hasil belajar. Tidak hanya lama waktu, tapi kesungguhan memanfaatkan dalam belajar itu lebih penting. Maksudnya??? Kalau gak bisa, tulis dan tanyakan kalau sudah selesai belajar atau ketika belajar. Cari and try to find di internet, banyak kog yang sudah bahasa masalah grammar aatau sturucture, tema tulis menulis, reading ataupun listening. Kalau kamu males mencari, pasti akan dapat masalah akan langsung bertanya, tapi kalau  kamu masih bertanya-tanya dan ingin dipecahkan sendiri tapi gak bisa, ya sudah mencari orang yang bisa dan coba tanyakan ke mereka apa yang sudah kamu lalukan. Jadi yang bantu akan paham, dimana kamu gak bisanya.  Itu greget belajarnya keren!
Ini awal dari sebuah mewujudkan impian, semakin berjuang semakin dekat dengan impian.
Sabar dan tetap istiqomah. Cari motivasi atau diskusi yang mungkin bisa meningkatkan motivasimu. Atau diskusi dengan admin Mentor TOEFL jika kamu meengalami down belajar. Memang akan menyiksa, semua memang begitu. Habit baru akan membuat kamu merasa tersiksa dan kaget dan kadang males. Inget, menunda satu hari, kita secara tidak sadar berniat menunda impian. Alasan apapun, pasti akan sebagai pembenaran dan itu pasti bener. Menyalahkan itu mudah. Cari solusi dan focus pada solusi bukan pada masalah. Kalau kamu focus masalah, solusi yang baguspun kamu anggap masalah. Ada selalu alasan untuk beralasan, tapi dalam masalah ada satu peluang solusi yang bisa untuk memecahkan sebuah masalah. Sebenarnya, semuanya sama2 mau, maksudnya solusi tergantung mau mencari solusi atau solusi mau mencari alasan. Tinggal tentukan pilihanmu!
Silahkan bisa didownload di link dibawah ini, jika tidak bisa contact me yag! Stay tune di blog yag, akan anda info menarik lagi yang akan di post di blog ini. Semoga bermanfaat.

Silahkan download: download (click)



History Belajar TOEFL (Nama Member)
(Disarankan untuk diisi setiap hari)

Contoh:
No
Hari dan Tanggal
Pelajaran
Materi
Duration
1
29 November 2014
Reading: 2 Artikel
Listening: Lagu dan Mussic
Grammar: Noun, adjective dan present



10 Menit
30 Menit
20 Menit
(Total: 60 Menit)





Khusus Mentor TOEFL
Yang dilaporkan di kelas Mentor TOEFL:
Format: Nama_Tanggal_Durasi_Pelajaran yang dipelajari

Contoh: Nino_29 November 2014_1 Jam_Reading: 2 Artikel, Listening: Lagu dan Seminar Bahasa Inggris, Grammar: Noun, adjective dan present.
(Laporan dilaporkan setiap hari dan bersifat wajib bagi member mentor TOEFL Batch).


No
Hari dan Tanggal
Pelajaran
Materi
Duration























































































































































Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done