Apa itu Phrasal Verb? - Sukrisno Nino
News Update
Loading...

20 Desember 2019

Apa itu Phrasal Verb?



Dalam belajar bahasa inggris, kita harus mengetahui kata-kata yang sering digunakan untuk penutur asli atau native speaker dan informal written bahasa inggris. Salah satunya phrasal verb ini yang sering digunakan dalam percakapan umum keseharian penutur bahasa asli bahasa inggris.

Pengertian Phrasal Verb?
Pada umumnya, phrasal verb adalah kata kerja yang memiliki dua atau tiga suku kata. Kata pertama dalam phrasal verb adalah kata kerja, dan kata dua dan ketiga biasanya kata tambahan, kata tambahan tersebut adalah adverb atau preposition.
Mempelajari dan mengenali phrasal verb itu penting bagi yang menginginkan skill speakingnya terliihat expert. Seperti halnya dalam percakapan di film atau movie barat, terkadang ada percakapan, Wake up.  Wake up adalah phrasal verb yang umum digunakan dalam percakapan bahasa inggris. Wake up means bangun tidur. Wake –nya adalah kata kerja. Bisa digunakan past atau present mengikuti tense kalimat tersebut. Untuk kata suku kedua dan ketida tidak perlu dirubah.
Wake up:
- I wake up at 4 a.m. Kalimat ini  adalah present karena menggunakan kata kerja wake.
- I woke up late yesterday. Wake nya berubah menjadi woke dikarenakan jenis kalimatnya adalah kalimat past tense.
Akan tetapi, ada sebagian phrasal verb yang memiliki arti tunggal dan adapula phrasal verb yang memiliki meaning lebih dari satu arti. Sebagai contohnya yang sering digunakan adalah take off.
Take off
- meaning pertama adalah berarti membuka atau melepas pakaian. E.g Take off your t-shirt.
- meaning kedua adalah terbang biasanya untuk pesawat terbang. E.g Air Asia take off late.
- meaning yang ketiga adalah mengurangi. E.g The cashier take off 20% for discount.
Bagi native speaker bukan masalah yang sulit untuk mengenali kata tersebut, karena mereka menggunakannya setiap hari. Namun bagi pembelajar seperti orang indonesia akan begitu menyulitkan dan membingungkan untuk dipelajari. Selain itu juga, tidak hanya artinya yang jauh dari makna kata kerjanya, terkadang maknanya jauh dari asli kata kerjanya dan terkadang kita sulit untuk menebak arti tersebut.
Example
Look up to = mengagumi.
Break dow = berhenti bekarja

How to improve learning phrasal verb?
Ini adalah pertanyaan yang bagus karena bagaimana kita bisa menghafal ratusan bahkan ribuan phrasal verb dan juga akan menghambat belajar speaking kita. The best way to imprve adalah menulis ulang dan memperhatikan dengan seksama arti phrasal verb yang baru dibaca atau didengar. Mencari persamaan sinonim agar dapat mengerti dan mengaitkan lebih jelas maknanya. Di blog ini kamu akan belajar ribuan phrasal verb yang akan meningkatkan skill speaking dan pengetahuanmu.

15 Phrasal Verb Umum yang wajib kamu tahu
1. Turn (switch) on – Menyalakan sebuah alat listrik
2. Turn (switch) off – Mematikan sebuah alat listrik
3. Turn up – Meningkatkan volume suara
4. Turn down – Menurunkan volume suara
5. Put on –  Mengenakan (pakaian)
6. Take off – Membuka (pakaian)
7. Fill up – Mengisi (cairan)
8. Fill in – Mengisi (informasi/data)
9. Pick up – Menjemput
10. Log in – Masuk (komputer/website)
11. Log out  – Keluar (komputer/website)
12. Look after – Menjaga/mengasuh
13. Find out – Mengetahui
14. Make up – Membuat
15. Put off – Menunda
Apakah kamu bisa menggunakan phrasal verb ini dalam kalimat? Jika bisa, coba buat kalimat ini dibawah box komen, nanti kami akan menjawab dan merespon jawaban kalian.


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done