Part of Speech - Sukrisno Nino
News Update
Loading...

20 Desember 2019

Part of Speech



Sebagai pembelajar bahasa inggris awal, mengetahui tentang word classes itu sangat penting sekali. Word classes itu pada umumnya disebut sebagai Part of Speech. Namun dalam kamus kita bisa melihat bawha dapat dikategorikan word class dan word form


Apa itu Word Classes (Part of Speech)?
Mengetahui tentang word classes itu sangat penting dalam belajar bahasa inggris. Word Classes atau part speech ini berguna untuk menganalisa dan memahami kalimat tersebut. Pemahaman yang bagus tentang part of speech ini membantu juga dalam membaca text dan membuat kalimat yang bagus bahasa inggris. Mengetahui posisi kalimat bahasa inggris itu sangat penting dan membutuhkan pengetahuan tentang part of speech yang baik dan benar.

Jenis-Jenis Part Speech
Dalam part of speech ini sangat terkenal dengan sebutan nine part of speech, 9 part of speech. Apa saja bentuknya.
1. Verb sering disebut sebagai kata kerja
2. Noun sering disebut sebagai kata benda
3. Adjective sering disebut sebagai kata sifat
4. Adverb sering disebut sebagai kata keterangan
5. Pronoun sering disebut sebagai kata ganti
6. Preposisi sering disebut sebagai preposisi atau menunjukkan hubungan
7.  Conjuction sering disebut sebagai menggabungkan Kalimat
8. Interjection sering disebut sebagai Kata Ekpresi
9. Determiners sering disebut sebagai Penanda

Penjelasan Jenis-jenis Part of Speech
1. Verb
Example: Run, work, study
2. Noun
Example: mother, Rome, mouse
3. Adjective
Example: Kind, Beautiful, expensive
4. Adverb
Example: Badly, quickly, tomorrow
5. Pronoun
Example: I, we, you
6. Proposisi
Example: in, on, between
7. Conjuction
Example: and, if, or
8. Interjection
Example: Oh!, Hi!, WOW!
9. Determiner
Example: an, a, the, many, some

Part of Speech dalam Kalimat

1. Verb
Verb, kita mengartikan sebagai kata kerja. Action or state dalam sebuah kalimat. Verb mempunyai peran penting dalam kalimat karena mendeskripsikan kejadian atau aksi. Untuk mengingat dengan mudah tentang verb, kita harus selalu ingat bahwa sebuah kalimat harus dan wajib ada verb karena verb menggambarkan apa yang dilakukan oleh sesuatu atau pun seseorang.
Example:
- I want to learn English. Want bermakna sebagai ingin dan berposisi sebagai verb dalam kalimat karena menggambarkan sesuatu dari subyek.
- You are beautiful. Are berposisi sebagai verb dari to be. Is, am, are, was were bisa diartikan adalah atau tidak diartikan tidak mempengaruhi sebuah kalimat mengikuti harfiah terjemahnya.

2. Noun
Noun mempunyai arti sebagai kata benda. Kata benda yaitu kata yang mengidentifikasikan sesuatu; mungkin itu sebuah benda seperti pen, car, sesorang seperti indah, agus steven atau sebuah kejadian seperti kesedihan atau kebaikan seseorang. Kita sering menyebut dalam bahasa inggris thing or person. Kata benda sering kita jumpai dalam sebuah kalimat terutama pada subyek dan obyek.
Example:
- This is my food. Food artinya makanan yang berposisi sebagai noun.
- We live in Semarang. Semarang disini berposisi sebagai nama daerah atau tempat. Nama tempat, daerah, negara itu mengindikasikan sebagai noun.

3. Adjective
Adjective yaitu kata sifat. Kata sifa yang berfungsi untuk memberikan tambahan informasi atau deskripsi dari kata yang mengikutinya. Pada umumnya kita menjumpai adjective itu untuk mendeskripsikan kata benda atau keadaan, describes a noun.
Example: My cat is big. I love big cat. Big artinya besar dan berposisi sebagai adjective yang mendeskripsikan cat, kucing, yang berposisi sebagai noun dalam kalimat tersebut.

4. Adverb
Sering kita menyebut adverb sebagai describes a verb, adjective or adverb. Adverb ini memodifikasi kata kerja, kata sifa dan sesama adverb sendiri. Adverb ini memberikan penjelasan tentang kapan, bagaimana, apa, darimanan, mengapa dan sebaganya.
Example: My cat eats quickly. Quickly artinya dengan cepat berposisi sebagai adverb. Memberikan pejelasan tentang cara makannya kucing.

5. Pronoun
Pronoun itu sering disebut sebagai kata ganti benda, replace a noun. Pronoun berfungsi atau berperan sama juga dengan noun atau noun phrase. Contoh pronoun itu I, we, you, they
Example: Agus is happy, he passes his exam. He disitu sebagai pronoun yang menggantikan kata Agus.

6. Preposisi
 Proposition means link a noun to another word. Preposisi itu sebagai penghubung dalam kalimat untuk menghubungkan antara noun, pronoun dan kata kata lain dalam kalimat tersebut. Memberikan informasi dan menunjukkan tentang waktu, tempat dan hubungan
Example: I will come at two o’clock.  At disitu seabgai penanda waktu yang berposisi sebagai proposisi.

7. Conjuction
Link a noun to another word, conjuction itu memiliki peran sebagai penghubung dua kata, frasa atau ide dalam sebuah kalimat. Fungsi lain dari conjuction adalah untuk menginformasikan hubungan antara dua bagian kalimat yang saling memiliki kaitan.
Example:
My cat and do are cute. And disitu sebagai konjungsi kalimat, penghubung.

8. Interjection
Interjection itu lebih mudahnya disebut sebagai kata expresis yang berperan menunjukkan emosi dan perasaan yang menggunkaanya. Joins clauses or sentences or words.
Example:
WoW! You have a great bika.

9. Determiner
Determiner adalah kata yang menjelaskan sebuah noun serti a/an, the dsb.
Example: I have two cats and some birds. Two dan some sebagai determiner.


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done